Pengertian Netizen

Pengertian Netizen
MAKNA, arti, definisi, atau pengertian Netizen secara harfiyah adalah "warga internet". Istilah NETIZEN dibentuk dari dua kata: INTERNET dan CITIZEN (warga). Dalam kamus-kamus internet kita menemukan pengertian netizen sebagai:

  1. An entity or person actively involved in online communities
  2. Anyone who uses the internet becomes a netizen
  3. A person who actively uses the Internet especially in a proper and responsible way
  4. An active participant in the online community of the Internet

Jadi, bisa disimpulkan, Netizen adalah user (pengguna) internet aktif  dalam berkomunikasi, mengeluarkan pendapat, berkolaborasi, di media internet.

Facebook aktif, blogger, pengguna twitter (tweeps), dan "aktivis" sosial media lainnya termasuk dalam kategori netizens.

Jika seorang user hanya sesekali membuka internet, misalnya untuk mengirim dan menerima/membaca email, belum bisa disebut Netizen.

Muncul juga istilah lain dari Netizen ini, yakni Netizen Journalism (Jurnalitik Warga Internet), yaitu aktivitas penulisan dan penyebarluasan berita atau informasi aktual melalui internet --blog, media sosial, dan sebagainya.

Namun, saat ini Netizen Journalism baru sebatas "share and comments" terhadap berita-berita yang sudah ada, misalnya koreksi, kritik, pujian, rekomendasi ke teman. Netizen Journalism bahkan bisa berperan sebagai "Watchdog Journalism" --mengawasi dan mengkeritisi apa saja, bahkan mengkritisi berita yang dibuat oleh para wartawan profesional.*

2 comments:


Top