Arisan MMM Investasi Berisiko Tinggi

Arisan MMM Investasi Berisiko Tinggi
Arisan MMM --Mavrodi Mondial Moneybox alias Manusia Membantu Manusia-- sedang dalam sorotan. Penyebabnya, ada potensi penipuan di dalam modus investasi arisan ini.

Arisan MMM menawarkan komisi hingga 30 persen. Padahal, imbal hasil di atas 10 persen mustahil dilakukan. Menurut para ahli, sebagaimana diberitakan banyak media, imbal hasil 30 persen per bulan itu sangat di luar kewajaran.

Masyarakat diminta tidak mudah percaya terhadap tawaran menggiurkan yang ditemukan di internet. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menyiapkan Hotline di nomor (021) 500655 untuk menerima konsultasi soal tawaran investasi yang menggiurkan.

Informasi investasi MMM beredar melalui internet dan media sosial. Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) adalah bentuk investasi keuangan yang menawarkan bunga 30 persen setiap bulan tanpa melakukan usaha apa pun. 

Sistemnya, setiap anggota membuat akun di situs web MMM dengan paket dana sesuai keinginan, yakni minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 10 juta.

Setelah mendaftar, dalam waktu 3-5 hari, anggota diminta mentransfer uang sesuai pilihan paket. Akan tetapi, uang ditransfer ke dalam rekening anggota lain yang telah ditentukan dalam sistem MMM. Sekitar satu bulan kemudian, pendaftar tersebut dijanjikan mendapat bunga 30 persen dari uang yang disetor.

Analis dari Investa Saran Mandiri, Kiswoyo Adi Joe, mengingatkan adanya celah penipuan dalam arisan MMM yang tak lain berasal dari Rusia ini. 

Dia mencurigai adanya beberapa orang yang berperan sebagai pengelola website, namun menyamar sebagai anggota. Tujuannya adalah mendapatkan jatah transfer dari setiap pendaftar baru.

Setiap anggota membuat akun di website MMM dengan paket dana sesuai keinginan, yakni minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 10 juta.

Transaksi dilakukan langsung antar anggota. Setelah mendaftar, dalam waktu 3-5 hari, anggota diminta mentransfer uang sesuai pilihan paket. Akan tetapi, uang ditransfer ke dalam rekening anggota lain yang telah ditentukan dalam sistem MMM. Sekitar satu bulan kemudian, pendaftar tersebut dijanjikan mendapat bunga 30 persen dari uang yang disetor.

Lantaran rawan penipuan, Kiswoyo menyarankan agar masyarakat tidak ikut serta dalam arisan MMM ini. Sebabnya sistem yang diterapkan pada arisan tersebut dinilai tidak jelas dan seperti berjudi. "Seperti berjudi, bisa rugi sewaktu-waktu," katanya.

Masyarakat yang ingin berinvestasi, kata Kiswoyo, disarankan agar memilih produk yang jelas seperti reksadana, saham, atau deposito di bank. "Paling mentok adalah memiliki tabungan di bank sehingga lebih aman," katanya saat dihubungi Tempo, Kamis (7/8).

Meski menemukan sejumlah celah, arisan tersebut belum bisa dikategorikan dalam penipuan. Pasalnya, kata Kiswoyo, pengelola tidak memaksa orang untuk mendaftar dan mentransfer sesuai permintaannya. Pendaftar bersifat sukarela untuk bergabung dan memilih paket transfer sesuai kemampuannya, yakni Rp 1-10 juta.

Analis Investasi Aris Tjendra mengatakan sebenarnya model arisan MMM sudah di ambang kehancuran. Penanda MMM akan runtuh adalah ketika saat seseorang baru menjadi anggota baru, maka dalam waktu kurang dari satu jam dia sudah diberi perintah untuk mentransfer uang ke rekening anggota lain. "Itu mengartikan MMM sudah kekurangan anggota," katanya kepada tribunnews.com.

Sistem Dasar MMM

Leader MMM wilayah Bekasi, Hartono, menjelaskan sistem dasar yang berlaku di komunitasnya. Dia menegaskan bahwa tidak ada pungutan biaya bagi para pendaftar.

"Dari awal kami tegaskan bahwa tidak ada jaminan uang kembali, semua bersifat sukarela," kata Hartono saat dihubungi Tempo, Kamis (7/8).

Setelah mendaftar, calon anggota diwajibkan mengisi data pribadi yang ada di website MMM untuk membuat akun, termasuk mencantumkan nomor rekening. Kedua, pendaftar akan tercatat sebagai profir help (PH) yakni penyetor dana. Nominal dana yang akan disetor berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 10 juta. Bila ingin mentransfer lebih dari Rp 10 juta, PH harus mempunyai dua akun.

Kemudian, PH juga disarankan memilih satu hari tertentu sebagai penentuan pertumbuhan makro atau presentase pengembalian. Di antaranya pada Senin dan Kamis sebesar 10-11 persen atau Selasa dan Rabu sebesar 8 persen. Setelah itu, PH akan mendapat email dari server MMM yang menyatakan bahwa telah resmi masuk menjadi anggota. Perintah transfer pun juga tercantum.

Bagaimana, Anda juga tertarik? Jika ragu, tinggalkan! Sudah banyak 'kan kasus penipuan bermodus arisan dan investasi? 

No comments:

Write a Comment


Top