Pemerintah Pensiunkan PNS Lulusan SD, SMP, dan SMA

Pemerintah Pensiunkan PNS
Pemerintah akan memensiunkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lulusan SD, SMP, dan SMA. Selain kelompok PNS bukan sarjana itu, pemerintah juga akan merumahkan PNS yang telah mengabdi minimal 10 tahun.

Program tersebut merupakan upaya pemerintah  merasionalisasi jumlah PNS secara bertahap. Dari jumlah yang ada saat ini, yakni 4.517 juta orang, akan dipangkas hingga menjadi 1,3 juta.

Menurut Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono memastikan, yang terkena rasionalisasi akan dipensiundinikan. Mereka akan diberi pesangon untuk modal usaha.

"Dalam usulan kami, pesangonnya diberikan sekaligus dan tidak dicicil agar bisa dimanfaatkan PNS-nya untuk usaha dan lain-lain. Tapi keputusan akhirnya ada di Kementerian Keuangan, karena mereka paling tahu apakah dana cukup atau tidak," ujar Bambang dikutip jpnn.

Dijelaskannya, sasaran yang kemungkinan besar terkena program ini adalah pertama para PNS yang berlatar belakang pendidikan SD, SMP, dan SMA., SMP dan SD. ‎Mereka menduduki jabatan fungsional umum (JFU), yang jumlahnya sebanyak 1,391 juta orang

Sasaran kedua adalah PNS yang dirumahkan telah mengabdi minimal 10 tahun. "Rasionalisasi berupa pensiun dini juga diberlakukan untuk PNS yang pengabdiannya minimal 10 tahun," katanya.*

No comments:

Write a Comment


Top