5 CMS Terpopuler di Dunia

 Aplikasi Open Source
Wordpress merupakan CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat situs web.

CB Magazine -- CMS, singkatan dari Content Management System, adalah software yang memudahkan webdeveloper membuat situs web (website). Disebut juga  Aplikasi Open Source alias gratis.

Wikiped menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia sebagai Sistem Manajemen Konten. Terjemahan itu masih keinggris-inggrisan. Yang lebih pas mungkin "Sistem Pengelolaan Isi".

Sistem manajemen konten atau CMS adala adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web.

CMS biasa digunakan untuk membuat situs web perusahaan, bisnis, organisasi, atau komunitas. Bisa juga digunakan untuk:
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce.
  • Mengelola website pribadi/ blog.
  • Situs web pembelajaran daring (e-learning)
5 CMS Terpopuler di Dunia
Wordpress merupakan CMS yang paling banyak digunakan. Dikuti situs software outsourcing company Qarea, WP digunakan oleh 54%, jauh menggungguli CMS lainnya.

CMS Terpopuler di Dunia

Data gambar di atas menunjukkan, Wordpress digunakan oleh sebanyak 54% webdeveloper, jauh menggungguli Jommla (9%), Drupal (7%), Typo3 (2%), dan Lainnya (24%).

CMS Wordpress memang lebih mudah, dinamis, ringan, dan SEO Friendly. Pilihan template atau tema (WP Themes) sangat banyak, mulai dari tema majalah, berita, portfolio, bisnis, korporat, hingga situs web personal.

Popularitas WP mungkin ditunjang dengan tersedianya platform blog wordpress.com yang gratis.*

No comments:

Write a Comment


Top