Smartphone Sudah Menjadi Gaya Hidup

Smartphone Sudah Menjadi Gaya Hidup
Pengertian Smartphone & Gaya Hidup. Smartphone alias Telepon Pintar sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

ISTILAH HP (HandPhone) atau Telepon Seluler (Ponsel) sudah mulai jarang digunakan. Sebagai gantinya adalah Smartphone atau telepon pintar.

Smartphone hakikatnya dalah HP juga. Tidak salah jika menyebutk Smartphone dengan HP yang fungsi utamanya sama-sama untuk nelpon dan kirim pesan singkat (SMS).

Berkait aplikasi android yang dipasang di dalamnya, HP bisa terkoneksi dengan mudah ke internet. Jadilah ia telepon pintar. Di dalam telepon pintar ini ada  fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer.

Smartphone juga bisa diartikan sebagai alat komunikasi atau telepon  seluler yang dilengkapi dengan organizer digital. Smartphone merupakan pengembangan dari telepon seluler yang kemudian ditambahkan fiitur dan  fasilitas lainnya sehingga menjadi telepon yang cerdas.

Umumnya sebuah HP dikatakan sebagai Smartphone bila dapat berjalan pada software Operating System (OS) yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembangan aplikasi. 

Menurut Wikipedia, Smartphone adalah ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email, menjelajah internet dan membeca e-book, built in full keyboard atau external USB keyboard, atau memiliki konektor VGA

Boomingnya Media Sosial dan Aplikasi Chatting yang memudahkan orang berkomunikasi atau berinteraksi, membuat Smartphone kini menjadi "kebutuhan dasar" masyarakat modern, terutama di pekotaan. 

Smartphone pun menjadi bagian dari Gaya Hidup (Life Style), yaitu pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya.  Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Gaya hidup yang tidak terpisahkan dari HP juga menimbulkan dampak negatif, seperti munculnya penyakit Nomophobia dan Facebook Depression.  Nomophobia yaitu ketakutan atau kecemasan saat tidak dekat HP atau tanpa HP. Depresi Facebook antara lain perasaan terasing, terisolasi, hampa, karena gak ada yang Like dan Comment, ataupun karena melihat teman tampak lebih sukses, lebih bahagia, dan lebih kaya dalam penampakannya di status facebook.*

No comments:

Write a Comment


Top