Kini HP yang Hilang Bisa Menelepon Pemiliknya

HP yang Hilang Bisa Menelepon Pemiliknya
HP Android (SmatPhone) yang hilang kini bisa menelepon pemiliknya. Mungkin belum banyak yang sadar, sistem operasi Android menyimpan fitur untuk mencari dan mengunci ketika ponsel hilang melalui Android Device Manager.

Sebagai pengembang, Google memang tak banyak membicarakan fitur ini. Seperti dilansir Republika Online dari Tech Crunch, Sabtu (9/8), fitur ini bisa dijalankan sejak kehadiran Android 4.4 (KitKat).

Bagi pengguna Android versi terdahulu, fitur ini tetap bisa digunakan. Caranya dengan menambah aplikasi yang diunduh secara gratis di Google Play Store.

Google kini bahkan menambahkan trik baru pada fitur ini. Yaitu, bisa mengatur smartphone untuk menghubungi pengguna jika ponsel hilang segera setelah orang lain menemukannya.

Jika ponsel hilang, ponsel akan mengaktifkan pesan pemulihan ketika seseorang menekan tombol kunci. Pengguna bisa menambahkan nomor telepon dalam pesan suara tersebut sehingga seseorang yang menemukan ponsel bisa langsung menghubungi Anda.

Cara Kerja

Untuk menjalankan fitur baru ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi 'Android Device Manager' yang tersedia di Google Play Store. 

Setelah itu, Anda bisa memilih opsi 'Lock Button' dan menuju pilihan 'Recovery Message' untuk memasukkan pesan yang Anda ingin sampaikan pada si penemu smartphone. 

Fitur ini hanya tersedia di Android KitKat terbaru. Jadi sebelum memutuskan untuk mengunduh, pastikan bila OS Android KitKat Anda sudah diupdate.

Setelah pesan selesai diinput, Anda harus membuat password untuk si smartphone dan menambahkan nomor telepon lain yang bisa dihubungi. 

Dengan cara ini, siapa pun yang menemukan smartphone hanya perlu men-tap ikon panggilan untuk bisa memberitahu posisi smartphone Anda

Begitulah cara kerjanya... HP yang Hilang Bisa Menelepon Pemiliknya.*

No comments:

Write a Comment


Top